BEON INTERMEDIA GANDENG MCC DALAM PROGRAM “DIGITALOKA” UNTUK OPTIMALKAN DIGITALISASI UMKM
MALANG – Malang Creative Center (MCC) dalam kiprahnya kali ini terus mencoba dengan memberikan performanya melalui kolaborasi-kolaborasi untuk memperkuat ekosistem dan menjadi inspirasi bagi pelaku ekraf. MCC tidak hanya sebagai tempat peminjaman tempat tapi juga mempunyai peran menjadi fasilitator yang bisa mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat tidak hanya di Kota Malang namun juga untuk Indonesia dan Dunia. Pada tahun 2024, MCC mengusung strategi untuk mendorong kolaborasi di antara pelaku ekonomi kreatif, dengan harapan bahwa hasil dari setiap kerjasama dapat diobservasi untuk menilai dampaknya terhadap perkembangan ekonomi, menciptakan suatu pandangan tentang pencapaian dari sinergi tersebut.
MCC kembali menjalin kerjasama, kali ini dengan Beon Intermedia, sebuah perusahaan di ranah digital yang telah aktif dalam menyelenggarakan kegiatan seperti pendampingan, pelatihan, konsultasi legal dan bisnis, infrastruktur digital, serta event dan pameran. Kegiatan ini bertujuan untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta para pelaku ekonomi kreatif. Beon Intermedia memiliki tiga merek, yakni Jagoan Hosting, Ngalup Collaborative Network, dan Mebiso, yang menyediakan layanan hosting, domain, cloud, dan VPS. Selain itu, Beon juga memberikan dukungan kepada pelaku UMKM dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk melindungi merek bisnis mereka.
Pada momen yang istimewa, yaitu Hari Selasa, 31 Januari 2024, MCC menyelenggarakan Konferensi Pers bersama Beon Intermedia untuk menandatangani perjanjian kerjasama atau MoU (Memorandum of Understanding). Konferensi Pers ini dihadiri oleh Bapak Amar sebagai perwakilan dari KEK, Tim Media Kota Malang, dan segenap pelaku ekonomi kreatif bidang kuliner yang ada di MCC. Dalam kesepakatan kerjasama ini, Beon Intermedia akan memberikan dukungan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan pelatihan, serta pertukaran teknologi dan informasi. Kegiatan yang akan dilakukan mencakup penguatan identitas merek bagi pelaku usaha, dukungan untuk peningkatan kemampuan digital melalui berbagai program, peran sebagai pembangun ekosistem bagi startup, UMKM, dan seluruh ekonomi kreatif di Jawa Timur, serta pemanfaatan area MCC untuk kegiatan kolaboratif, serta pertukaran teknologi dan informasi.
Menurut penuturan Andina Paramitha selaku Head of Corporate Communication Beon Intermedia, bahwa Beon Intermedia bersama MCC akan menyelenggarakan berbagai program dan acara melalui DigitaLoka. Program ini mencakup serangkaian kegiatan seperti Loka Heroes, Loka Campus, Loka Fest, Loka Hub, Loka Spot, dan Loka Inspirasi. Melalui komitmen bersama dalam merancang program ini, diharapkan dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan melalui kolaborasi, peningkatan kapasitas pengusaha, dan memberdayakan melalui akses yang lebih luas terhadap pasar dan pelanggan.
Frishanti Yuan, yang dikenal dengan sebutan Ibu Ica dan menjabat sebagai Manajer Pemasaran dan Kerjasama di MCC, mengungkapkan bahwa kolaborasi antara MCC dan Beon Intermedia bertujuan untuk memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif agar dapat tumbuh sesuai dengan karakter dan koridornya masing-masing. Saat ini, banyak pelaku startup dan pengusaha yang belum menyadari pentingnya merek dan branding, oleh karena itu, MCC bermitra dengan Beon Intermedia untuk membantu dalam aspek-aspek terkait merek dan branding.
Dalam kolaborasi ini, tentu terdapat harapan besar yang akan bersama-sama direalisasikan untuk pelaku ekonomi kreatif. Kolaborasi ini tidak hanya memungkinkan mereka untuk mengekspresikan kreativitas, tetapi juga memiliki potensi untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. (De/Aur).