Malang Creative Center (MCC) adalah pusat kegiatan bagi pelaku yang aktif di sektor industri kreatif. Tujuan utamanya adalah untuk memberdayakan dan mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) dalam industri kreatif dengan menyediakan fasilitas penunjang yang memadai. MCC memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan merata di setiap sektor ekonomi kreatif yang tergabung dalam 17 sub-sektor ekonomi kreatif yaitu arsitektur, film, fotografi, kriya, kuliner, seni rupa, produk, aplikasi, game, televisi dan radio, fashion, pertunjukan, desain interior, periklanan, penerbitan, DKV, dan musik, sambil tetap memperhatikan kepentingan budaya sebagai warisan berharga.

Dalam pembangunan gedung MCC yang memiliki delapan lantai ini, Pemerintah Kota Malang tetap berkomitmen untuk melestarikan unsur-unsur sejarah dan budaya yang menjadi ciri khas Kota Malang. Desain arsitektur megah gedung ini merupakan replika dari Candi Badut, salah satu candi tertua di Jawa Timur. Keputusan untuk mengambil Candi Badut sebagai model dalam pembangunan MCC didasarkan pada nilai-nilai yang sesuai untuk memajukan pusat kreativitas MCC.

MCC memiliki tagline “Creative Culture Ambience” dengan tujuan menciptakan lingkungan budaya kreatif yang mencerminkan identitas Malang dan dikenal baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Pemerintah berharap bahwa keberadaan MCC akan menjadi fasilitas yang mendukung semua sub-sektor dalam industri kreatif dan menjadi pendorong utama dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Malang.

Secara konseptual fungsi bangunan MCC juga terbagi 2, yaitu Area Empowerment dan Area Komersial dengan proporsi sebanyak 60% dialokasikan untuk Area Empowerment.