Pemerintah Kota Malang Siap Bersinergi dengan Pemerintah Kota Batu dan Pemerintah Kabupaten Malang Lewat MCC

Pemerintah Kota Malang Siap Bersinergi dengan Pemerintah Kota Batu dan Pemerintah Kabupaten Malang Lewat MCC

Pembangunan MCC sangat diharapkan untuk mewadahi perkembangan start up dari Kota Malang, yang memang secara nasional ternyata banyak ide kreatif lahir dari Arek Malang dan banyak digunakan oleh beberapa perusahaan besar dengan keuntungan rupiah yang luar biasa.

Hal ini dikarenakan Kota Malang berkomitmen mendorong kolaborasi dan kemitraan pentahelix dalam rangka mengakselerasi rantai nilai ekonomi
kreatif dan menciptakan daya tarik dengan riset yang berkelanjutan dan terciptanya regulasi terkait dengan riset.

Selain itu, Kota Malang juga berkomitmen dalam membuka akses partnership seluas-luasnya dan mendorong terciptanya banyak potensi Co- Creation, Co – Production, Co – Investment. Malang Creative Center (MCC) sebagai ikon fisik eksistensi ekonomi kreatif Kota Malang menjadi jembatan bagi 6 actor hexahelix.

Di sisi digital transformation, Kota Malang juga berkomitmen melakukan kolaborasi untuk menumbuhkan kesadaran atas kekayaan intelektual, serta menyelesaikan permasalahan dan tantangan daerah dengan menyiapkan infrastruktur digital.

Untuk meraih sebuah tujuan dengan baik, Pemerintah Kota Malang juga melakukan sinergi Hexahelix antar stake holder, dengan cara melakukan koneksi, kolaborasi dan menjunjung tinggi visi yang sama antar stake Holder Ekonomi Kreatif yaitu : Academic, Bussines, Community, Government, Media, Financial Institution/Agrregator, berbagi peran dengan kemitraan secara berkelanjutan, serta mempertimbangkan :

  1. Peran strategis academic dalam support ekonomi kreatif melalui tridharma perguruan tinggi
    peningkatan kapabilitas peserta didik dan pengembangan kajian-kajian tentang ekonomi kreatif.
  2. Peran strategis Business dalam mendukung dengan pendekatan bisnis yang inklusif dan berkelanjutan
  3. Community berperan dalam dukungan dalam event kreatif, identitas jenama komunal dan membangun
    kesadaran digital transformation
  4. Government berperan dalam inisiasi regulasi, roadmap dan rencana aksi dan fasilitator infrastruktur ekosistem ekonomi kreatif
  5. Media berperan sebagai pendukung publisitas dan campaign tentang eksistensi ekonomi kreatif
    Malang Raya secara nasional maupun internasional
  6. Financial Institution sebagai pendukung akses permodalan, business hub serta coaching dan business matching.

Dalam hal penguatan Comunal Branding, Kota Malang berkomitment dalam Penguatan identitas dan kebersamaan dalam mendukung sinergitas malang raya yang tidak bisa dipisahkan dalam teritori kewilayahan ( Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang ) persatuan malang raya dalam membangun jenama lokal menjadi salah satu penguat para pelaku dan masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif yang berkesinambungan. Membangun semangat identitas yang inklusif dalam konteks Malang raya secara kolaboratif dan berkelanjutan

Regulation Perda Ekraf Kota Malang berkomitmen dalam penguatan ekosistem ekonomi kreatif melalui kebijakan tentang:

  1. pengembangan riset
  2. pengembangan pendidikan
  3. fasilitas pendanaan & pembiayaan
  4. penyediaan infrastruktur
  5. pengembangan sistem pemasaran
  6. pemberian insentif
  7. fasilitasi kekayaan intelektual
  8. Pelindungan hasil kreativitas.

Sumber : https://jurnalismalang.com/index.php/2022/12/13/pemerintah-kota-malang-siap-bersinergi-dengan-pemerintah-kota-batu-dan-pemerintah-kabupaten-malang-lewat-mcc/