Fasilitasi Klinik Koperasi, Diskopindag Kota Malang Ajak Usaha Koperasi Semakin Berkembang

Fasilitasi Klinik Koperasi, Diskopindag Kota Malang Ajak Usaha Koperasi Semakin Berkembang

MALANG – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang menggelar Fasilitasi Klinik Koperasi dengan Ketua Koperasi se-Kota Malang. Sebanyak 35 peserta hadir dalam program pemberdayaan dan perlindungan Koperasi tersebut. Kepala Bidang Koperasi, Suseno turut mengikuti kegiatan. Digelar di Ruang Meeting, Lantai 3, Malang Creative Center (MCC), seluruh peserta nampak antusias selama acara berlangsung.

Dok. Public Relations MCC
  Heru Oktavianto, Widyaiswara Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, mendapat kesempatan untuk memberikan materi tentang penguatan kelembagaan dan diversifikasi usaha. Heru menjelaskan harta yang paling berharga bagi Koperasi adalah anggotanya,

  “Koperasi harus punya yang namanya harta. Harta Koperasi yang paling berharga apa? Simpanan pokok semua wajib. Berarti dalam hal ini, Koperasi hartanya yang paling pokok adalah anggota,” jelasnya.

  Ia juga menekankan pentingnya mengadakan sebuah kegiatan bagi Koperasi. Heru mengatakan, peluang yang dimiliki Koperasi dalam bentuk Koperasi Konsumen untuk berkembang lebih besar dari pada Koperasi Simpan Pinjam,

  “Dalam bentuk (Koperasi) Konsumen, panjenengan itu punya privilege, kegiatan usahanya itu bukan hanya simpan pinjam. Apa lagi pinjam-pinjam tok. Karena Koperasi ini kumpulan orang-orang yang di dalamnya tidak hanya kumpul-kumpul saja”, tekan Heru. 
Dok. Public Relations MCC
  Ketua Koperasi Wanita (Kopwan) Dewi Sri, Linda mengungkapkan, pemberian materi penguatan kelembagaan dan diversifikasi usaha sangat bermanfaat bagi usaha Koperasinya,

  “Dengan acara ini tadi saya ada pemahaman materi lagi untuk masalah perkoperasian. Materinya bagus. Bermanfaat sekali. Sering-sering aja kayak gini”, ungkapnya.

  Linda pun cukup kagum dengan perkembangan fasilitas yang ada di MCC. Ia menilai fasilitas MCC berkembang semakin baik,

  “Ini sudah banyak perkembangan di MCC. Fasilitasnya sangat bagus sekarang daripada sebelumnya. Tadi sempat kaget sih, loh sudah begini (semakin berkembang),” pungkasnya. (Syi/Aur).

Add a Comment

Your email address will not be published.