Bangun Bangsa dan Ngalup Collaborative Network Luncurkan Empower Academy untuk Penyandang Disabilitas

Bangun Bangsa dan Ngalup Collaborative Network Luncurkan Empower Academy untuk Penyandang Disabilitas

MALANG – Bangun Bangsa berkolaborasi dengan Ngalup Collaborative Network (Ngalup.co) meluncurkan Empower Academy, sebuah program inkubasi bisnis yang dirancang khusus untuk memberdayakan para penyandang disabilitas selama delapan bulan. Program ini juga mendapat dukungan penuh  dari Komunitas Lingkar Sosial (Linksos) dan Malang Creative Center (MCC). 

Dok. Media Production MCC
  Empower Academy bertujuan untuk mendukung potensi penyandang disabilitas dalam menciptakan lapangan kerja maupun karya sesuai dengan kemampuan mereka. 

  “Kegiatan ini hadir untuk membantu para penyandang disabilitas atau komunitas dan individu yang terpinggirkan untuk meningkatkan keterampilan bisnis mereka melalui pelatihan dan program pendampingan bisnis dan digitalisasi,” kata CEO Ngalup.co, Andina Paramitha.

  Materi yang pertama kali diberikan dalam kegiatan ini adalah Basic Entrepreneurship oleh Arif Bawono Surya, Founder Let’s Play Indonesia. Arif menekankan hal-hal penting dalam memulai bisnis, dimulai dari mencari ide, melakukan riset pasar, menyusun rencana bisnis serta memanfaatkan media sosial secara konsisten.
Dok. Media Production MCC

  Empower Academy membagi peserta kedalam dua kategori, yakni kategori Unbusiness (Business Creation), bagi mereka yang belum memiliki bisnis. dan Inbusiness (Business Scale Up), bagi mereka yang sudah memiliki bisnis. Kategori Unbusiness akan mendapat pelatihan dasar seperti Business Idea & Validation, Market Validation, Business Model Canvas, Digital Marketing, hingga Business Planning. Sedangkan kategori Inbusiness akan difokuskan pada pengembangan dan inovasi bisnis, seperti Supply Chain Management, Ekspansi Pasar melalui Kolaborasi, dan Human Resources Development.

  Ken Kerta, selaku pendiri Linksos menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu membangun stigma positif bagi para penyandang disabilitas. Dirinya yakin bahwa para disabilitas memiliki potensi luar biasa yang patut untuk didukung.

  “Kegiatan ini adalah langkah nyata untuk menciptakan lingkungan yang setara, adil, dan tanpa diskriminasi bagi para penyandang disabilitas,” ujarnya.

Source: Ngalup Collaborative Network

(De/Aur).

Add a Comment

Your email address will not be published.